Senin, 16 November 2009

RADANG TENGGOROKAN

Tanda-tanda:
Leher sakit apalagi kalau buat menelan pasti rasanya sakit
Seperti ada yang menghambat

Kadang-kadang disertai dengan demam

Pengobatan : ke dokter, biasanya di kasih antibiotik, anti radang dan vitamin

Bermacam-macam pengobatan alternative Altenatif :
1. Kumur air hangat dan garam. Diminum sedikit ga papa
2. Rebusan asam jawa dan gula merah diminum
3. Kencur ditumbuk kemudian seduh dengan air mendidih saring, kasih gula pasir dan perasan jeruk nipis
4. Jika radang tenggorokan ada dahaknya coba yang ini : Perasan jeruk nipis satu buah, peras berikut kulitnya (sehingga keluar “sereng” perasan air dari kulit jeruk) kasih kecap 2 sendok makan tambahkan air matang 50 ml. aduk minum 3 teguk sisanya taruh kulkas minum 2 kali sehari sampai habis. Ramuan bisaahan 3 hari di dalam kulkas
5. Perasan jeruk nipis tambah madu
6. Perasan jeruk nipis bakar dan madu
7. Rebusan jeruk nipis yang dipotong berikut kulit dan isinya, bunga tempayan, cengkeh gula batu rebus dengan segelas belimbing, minum dengan gula batu atau gula merah
8. Rebusan air daun sirih, bias untuk kumur dan minum
9. Madu satu sendok makan diminum bangun tidur sebelum makan apa-apa. Untuk melapisi radang biar ga luka kalau kena makanan. Setelah itu minum air hangat. Biasanya kalau ada dahaknya suka keluar setelah itu. Lebih lega.
Ramuan-ramuan tersebut saya sudah mencoba, tetapi di bawah ini ada rangkuman dari komentar blog seseorang.
Radang tenggorokan adalah luka yanga ada di saluran tenggorokan. Coba amati, biasanya akan menjadi langganan dengan orang yang punya kebiasaan habis makan terus tidur. Karena selama proses pencernakan makanan mengeluarkan panas yang bisasnya menyerang batang tenggorok.
Makanya orang dulu dianjurkan jangan tidur setelah makan, terutama makan berat. Selain bisa membuat panas dalam juga membuat perutnya buncit.
Selama menderita radang tenggorokan dianjurkan minum vitamin untuk mengembalikan stamina. Kalau saya lebih suka vitamin dalam bentuk juice buah2 an. Tetapi kalau pas repot ya saya minum yang instan vit C dan b komplek dari ipi.
Sangat dianjurkan istirahat yang cukup.
Hasil dari rangkuman komentar blog, sebagian obat-obat an yang ada ternyata untuk meredakan panas dalam. Misalnya Madu, crysantinum, adem sari, bunga belimbing.
Tetapi apapun itu resepnya silahkan di coba semoga cocok. Silahkan pilih sendiri yang kira-kira cocok.

Ini cuplikan dari komentar2 para bloger…
Radang tenggorokan merupakan sakit langganan saya. Sampai tahun 2005, kalau terkena radang tenggorokan obatnya adalah :– Obat Batuk Hitam– Ganti rokok dengan rokok yang ringan (mild)
1. Kayu manis –> untuk obat radang tenggorokan2. Mahkota Dewa –> untuk obat radang tenggorokan3. Jeruk Nipis –> untuk mengencerkan dahak4. Jahe –> untuk menghangatkan tenggorokan
Akhirnya didapat formula yang ampuh :
Rebus hingga mendidih bahan2 berikut:– 400 cc air– 4 batang kayu manis (10 cm -an)– 8 cangkang mahkota dewa
Setelah dingin/hangat suam kuku, ambil air-nya dan tuangkan dalam gelas. Tambahkan perasan 1/2 – 1 jeruk nipis dalam gelas. Untuk menambah nikmat tambahkan gula pasir.
Minum teh hijau atau teh tubruk juga sangat ampuh untuk mengurangi atau meredakan batuk dan dahak. Selama saya minum teh, tidak batuk lagi. Dahak pun tidak keluar lagi. Padahal dengan minum OBH atau obat batuk lainnya, tetap batuk dan berdahak.
mahkota dewa nampaknya ndak ada kaitannya dengan radang tenggorokan. Kalau pengalaman saya untuk kayu manis, jahe memang bisa. apalagi jika ditambah pala, gula batu dan kencur.
radang tengorokan kalo aku paling kumur2 air anget sm garam. istirahat… kalo uda parah ya back to antiobiotik.
klo makan jangan nasi atau apapun yang berbau minyak, jadi Q cuma makan bubur aja.Alhamdulillah sembuh karena tubuhQ sudah membentuk anti bodi dan luka di tenggorokannya tidak terbuka karena Q makan Bubur…. smoga mmbantu.percuma bolak-balik ke Dokter tapi tetep makan nasi dan krupuk, ibarat luaka mau kering terbuka lagi gtu… logikannya.
Aku pakai 5 obat sekaligus : Epexol, Paratusin,Sporetik, Codipront (codipront harus pakai resep, obat batuk ini untuk menekan batuk biar nggak sakit, katanya dokter obat ini mengandung ophium) + obat batuk syrup Inadril (spt Benadril kali).Sebelumnya aku juga pernah dikasih Tuzalos, ttp nggak aku habiskan krn isyunya memicu stroke.
ramuan alami untuk radang bisa dikombinasikan dengan madu plus jeruk. madu mempunyai sifat anti bakteri, anti septik tetapi kalau mau lebih bagus lagi pakai propolis hasil dari lebah yang mempunyai kemmpuan anti radang, anti virus, anti bakteri anti jamur yang kuat. ini adalah produk perlebahan bisa di lihat di http://www.binaapiari.com/

kalo radang tenggorokannya dialami balita umur 1th 8bln apa dong obat alaminya apa sama dengan resep obat diatas oh ya sy denger jg bunga dr belimbing wuluh bisa jg untuk obat radang tenggorokan,bener ngak sich?

anak saya usia 2 th kena radang tenggorokan 2 kali akibat makan es krim. Yah selalu berobat ke RS. Dikasih antibiotika dsb. Biasanya selama seminggu panas, rewel dan tidak doyan makan. Minum susu saja dan ditambah madu.

Crysantimum itu bentuknya seperti apa..
Crysantimum itu bunga, ada teh kotak yang pakai Crysantimum.

bunga belimbing sayur yg sudah dicuci sama gula batu dan sedikit air campurkan semua bahan tadi simpan dlm mangkuk kecil kemudian dikukus sampai gula batunya larut,angat remas2 bunganya sampai ancur kemudian disaring,siap dech diberikan ke buah hati kita yg lagi sakit radang.semoga resep ini bisa bermanfaat buat semuanya

aku mulai males minum obat (lagian pahit & bau) & mulai cari2 obat alternatif. Kadang pake madu+air hangat, kadang ramuan jeruk nipis, kadang kumur2 pake amway, kadang pake air garam hangat. Aku beranggapan di tenggorokan ini ada jamur2 yang harus aku matiin, bisa pake soda, asam, garam, dsb. Benci banget. Terutama kalau aku sedang kerja di lapangan. Dapet bahan2 itu kan susah. But, no antibiotik!!

saya ikut prihatin sama penyakit radang yg selalu kamu derita.kalo boleh saya menyarankan mungkin dea harus lebih berhati hati atau harus memilih-milih asupan makanan untuk sehari-harinya katanya radang itu disebabkan kita terlalu sering makan2an yg berminyak atau pedas bisa juga karna udara yg kotor dan berdebu,itu karna anak saya jg baru sembuh dari radang tenggorokan karna sebelumnya dia makan makanan berminyak,memang ngak nyaman ya klo sakit semoga sarannya dapat bermanfaat.trims

Hari Sabtu pagi lalu, saya merasa kena radang tenggorokan padahal sedang berada di Kupang. Takut makin parah, saya mencari ramuan instan di apotek K24, dapatlah Amoxixilin hehe ..
Pengalaman ortu nih. Hampir tiap hari semua isi rumah di’paksa’ minum peresan jeruk nipis dicampur kecap. Kebetulan pohon jeruk nipis selalu berbuah. Tapi kalau lagi ngga berbuah, diganti dengan peresan belimbing wuluh dan kecap juga.Hasilnya, alhamd jarang sekali kena radang, batuk, dll.

et. tapi buat yang slalu ngalamin radang tenggorokan coba aja obat tianshi yang namanya cordyceps mycellium capsul. aq skrang dah mengkonsumsi 3 bulan, udah ga kambuh, badan lebih fit, dia cuma dari bahan alami. konsumsinya harus rutin mpe ga da keluhan sama skali. ok slamat mencoba. ada yang mau berbagi pengalam radang. ini alamat email aq. mirzagirl@yahoo.com. buat yang sering radang tenggorokan ga boleh putus asa.

Klo obat radang yg murah meriah Amoxicillin dan penurun panas paracetamol.Aku minum 2 hari udah sembuh.
Ohya kelupaan selama radang jangan makan yg berminyak,esaneka snack.klo bisa makan bubur.

Radang tenggorokan dapat juga dipicu oleh makanan yang mengandung petcin. so ati-ati aja. mie rebus, gorengan, bahkan kata dokterku, coklat juga ! jadi kurangi konsumsi makanan tersebut.
ada satu lagi nich obat radang tengggorokan yg mgkn bs dicoba, yaitu dg menghisap2 krg lbh 5 lbr daun saga.

Minum air anget terus, jangan coba-coba makan es krim or air es, yang goreng-gorengan, yang pedes-pedes.

Hindari obat-obatan yang seperti antibiotik deh…maksudnya yang ada bahan kimia-nya, gitcu. Karena kalo qta konsumsi obat-obatan kimia/antibiotik, organ tubuh qta kerjanya justru lebih berat. Gak tau kapan, efeknya ditaun-taun mendatang- ke lever-lah, ke ginjal-lah.

Solusi gw sih, coba vitamin (sebut:bukan obat) yang ada kandungan ANTIOXIDAN-nya.Ya, vit.A, vit.C, dan vit.E – itu buat ngindar’in radikal bebas di tubuh qta karena pola makan en gaya hidup qta yang rada nyeleneh…he..he…he…
apel di tim campur madu:cuci apel, lubangi tenga
hnya hingga biji2 bersih lalu tuang 2 sendok madu, ditim 15 menit.Adalah obat alami yang baik untuk radang tenggorokan SELAMAT MENCOBA.

Tentang radang, pngalaman kmaren aku kna radang tenggorok, agak parah nampaknya, kalo berdahak campur darah. Badan panas, tenggorok kalo dipijit trasa sakit.Aku minum enervon-c, lalu ingat obat radang yg biasa diminum tak minum dg obat anti alergi, kebetulan aku alergi produk unggas dan ikan.Tak minumlah sebutir metylprednisolon dosis terkecil 4mg, lalu unt gatal tenggorok kuminum cetirizine dosis terendah 10mg, rasa sakitnya berkurang 70%. Lalu tinggal penyembuhan.Dlm resep obat diminum 3x sehari, cukup tak minum 2x.Banyak minum, dan vitamin jangan lupa. Vit c, b komplek. Aku pake enervon-c.Smua obat tadi dijual bebas di apotik.Radang jangan minum antibiotik, tp anti radang. Kalo bisa sih hindari obat2an, paling gak pake seminimal mungkin tp menyembuhkan.Anti radang lainnya yg dijual bebas adalah dexamethasone.Smua obat td gak boleh dipake jangka panjang(lbh dr 1minggu).

Sekarang aku rutin minum perasan kunyit dan daun saga tambah sedikit madu. Untuk mengurangi batuk dapat dengan meminum OBH saja.

Radang tenggorokan = daun sirih 6 enam lembar ditaruh di panci dengan air 6 gelas direbus sampai air jadi hanya sisa 3 gelas, kemudian minum dengan gula. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh bagi yang sakit.

SAya bagi pengalaman nih u/ radang tenggorokan :Setiap pagi bangun tidur sebelum minum/makan apa-apa ,ambil 1 siung bawang putih bersihkan dari kulit luarnya ,kunyah sampai hancur ,minum air putih dan kumur-kumur di tenggorokan beberapa saat.Tambah pakai tablet hisap Efisol sehari bisa 3 atau 4 kali.. Saya jamin 2 a 3 hari sudah terlihat hasilnya.
Yang saya tahu radang tenggorokan bisa disebabkan oleh 2 penyebab: virus dan kuman atau bakteri. Trigger-nya bisa apa saja: lg drop, kecapean, yang orang bilang masuk angin dsb. Untuk yang disebabkan virus, biasanya hanya perlu istirahat dan akan hilang dengan sendirinya.

Namun untuk bakteri memang perlu treatment dari luar spt obat atau jamu. Untuk obat, tentu saja saat ini antibiotik dapat membantu penyembuhan tentunya dgn kadar yg pas (250mg anak2 dan 500mg dewasa). Kedua penyembuhan tsb lebih effektif lagi jika didukung konsumsi sayur dan buah yg teratur utk mempercepat sel baru sbg pengganti sel yg rusak.

Selamat tahun baru 2009 untuk semua. Ikut nimbrung mslh radang tenggorok. Istri saya yang sering langganan radang bikin saya pusing juga. Yang namanya tes hapus tenggorok di lab jg uda berkali-kali dilakukan. Bolak-balik ke THT. Akhirnya waktu itu ditemukan penyebabnya dari giginya yang busuk. Makanan jg sih, terutama gorengan. Obat terakhir yang ampuh adalah sedrofen 500mg 10bh, 2×1 (kalo lagi parah). Kalo yg gak mau antibiotik, bs minum cellfood 7 tetes (hrg per 10ml 230rb)-yg ini obat mlm. Browse aja di google….

aku juga lagi kena radang tenggorokan nih. udah 5 hari ini. udah 2 kali ke dokter. dikasih antibiotik cefadroxil 2×1 500mg & dexamethason. periksa yg kedua dexa diganti ama diclofenac potassium (ngeri banget namanya).

makacih ya u/ medicastore yg udah ngirimin bingkisan buat aku…rdang tenggorokan aku sekarang dah lebih baik and ngedeketin sembuh ci…bagus juga tuh produk cooling5 nya..mau lagi donk kalau ada kuis berhadiahnya…buat temen 2 yg masih kena radang coba aja pakai cooling5 nya dari medicastore insyaallah pasti sembuh deh …makacihhhhhhhhh

coba minum habbatussaudah atau jinten hitam, segala macam penyakit obatnya ada di habbatusaudah kecuali kematiancoba search khasiat habbatussaudah..salah satunya bisa menyembuhkan radang tenggorokan

buat emergency situasi bisa juga diminum namanya “CELESTAMIN” dan terbukti manjur buat saya. klo bisa stop meroko krn dpt bikin radang nya semakin hebat
Kalau kena dingin terus keluar dahak di tenggorokan. Akhirnya batuk2 atau malah mual dan muntah. Coba minum teh hijau 2 gelas sehari, saya bisa sembuh kok.
kemarin sy radang tggorokan suakit seekali. aku minum 3 macam obat : sporetik (antibiotik), meloxicam (penahan radang – mgkin biar ga tmbah bengak gitu mgkn ya), trus prodnex untuk penghilang rasa nyeri/sakit.
langsung waras.

pak, antibiotik bukannya nggak boleh, malah harus kalau sudah dipastikan adanya infeksi bakteri. cuma harus diawasi pemakaiannya. kadang2 kita minum antibiotik tapi tidak sampai benar2 habis. akibatnya malah kumannya jadi kebal. pemilihan antibiotik juga tidak boleh asal2an. di sinilah fungsinya dokter soalnya masing2 punya cara kerja yang berbeda, juga jangkauan yang tidak sama. gitu loh, pak. maaf, cuma meluruskan pandangan kita akhir2 ini tentang antibiotik.

menurut Dokter saya radang tengorokan ini di obati dengan susu bubuk di tarok di atas lidah sebelum tidur dan diisap2..ee,,ternyata sembuh..coba dech.
Kalo yg berani ekrim makan cacing yg di jual di toko Cina/kapsul cacing seperti obat typus,,Cacing ini bisa menghilangkan radang tenggorakan..

saya mencoba meberinya seduhan teh bunga Rosella yang banyak dijual di counter2 jamu. Teh tsb bisa menyembuhkan segala penyakit, termasuk radang tenggorokan. Kami coba…..hasilnya radang tenggorokan suami saya sembuh hanya dengan minum 2 gelas teh Rosella saja..

kalau saya dulu langganan radang tenggorokan berkali-kali kambuh dan ketemu obat untuk pencegahan supaya tidak kambuh walaupun prosesnya lambat tapi pasti:1. kita bersihkan tenggorokan dengan menggunakan buah pepaya, rosela dll yang mengandung vit. c,2. setiap habis makan/minum/mau tidur rajin minum air putih hangat minimal 1 gelas3. tambahan setiap masakan campur sedikit kunyit/daun jeruk4. hindari minum es sblm merasa sembuh benar5. jangan terlambat minum air putih hangat karena juga bisa utk menyembuhkan sakit perut
nie tips dri guaqlo kra2 tngorokan panas ataw boso jowone REEEKx langsung aja minum adem sari,rtus klo mu bli adem sari ndak usah tangung2 klo mau sembuh bisa setiap 3jam mnum adem sari slama 1hari esoknys d’jamin cooooooos pleng.

Q juga udah berkali2 kena radang tggrknwkt pemilu legislatif q dpt tgs mjdi pemantau pemilu.Lalu cos kecapean n kepanasan maka malam harix kambuh,ll dbwa ibu ke Rs n cuma dksh obat.Q ga suka ma obat.Lalu ada teman yg menyarankan sholat tahajud kmudian baca yasin.Lalu minum air putih yg tlh dbacakan yasin.Insya Allah smbh

Q dksh jamu :asam kawak,bwang merah 5siung,gula batu kemudian di seduh pke air panas ll dtu2p pke kain agar mengembun.Alhamdulilah esokx reda.Sampai skrg q rjin mnum jamu 2x sehari.Jgn lupa berdoa juga.

makan buah nanas segar untuk mengantisipasi radang tenggorokan. semoga berhasil
ak sering bgt kena radang tenggorokan…mpe akhirnya memutuskan utk operasi tonsil…krn ak pikir penyebabnya dari situ…dan itupun juga rekomendasi dari dokter THT, dengan harapan setelah adanya operasi..penyakit ini udah ga kambuh lagi…ternyata…penyakit ini tetap aja muncul, klo kondisi badan ga vit plus perubahan cuaca/musim….utk antibiotik amoxilin dh ga mempan….akhirnya pake cefat…ampuh sh…cm ya takut juga, namanya obat kimia kan racun…klo kebanyakan minum takutnya malah kena ginjal….

mohon saran aja dari temen2….yang sudah mencoba obat herbal, jenis apa yang paling ampuh utk segera mengusir rasa sakit tenggorokan ini?

ini ramuan dari ne2k sy 5 biji cengkeh diseduh dgn air hangat didalam gelas disiram dimlm hari pagix diminum terus bsr ulang2 dan janga lupa berdoa,sama sang ilahi

Pengalaman saya pernah 3 kali terserang radang tenggorokan, sakit luar biasa. Minum obat pereda nyeri hanya bersifat sementara. Kemudian saya berikhtiar dengan langkah2 sbb: berhenti (total) merokok, banyak minum airputih (minimal 8 gelas sehari), mengurangi minum es, minum teh hijau tanpa gula dicampur Propolis (3 kali sehari), minum vitamin C yg tidak mengandung pemanis 2 kali sehari (waktu itu saya minum kaplet Ester-C). Alhamdulillah penyakit radang tenggorokan saya sembuh dan tidak kambuh lagi. Selama therapy pun saya tidak melakukan pantangan makan. Dan sampai sekarang saya tidak pernah merokok lagi.

2 komentar:

- Keluarga Elkis Riyadi - mengatakan...

mbak metik lagi senang sharing ttg pengobatan ya? yg natural bagus tu, kalo kepepet baru deh pake obat kimia ;-)

metik mengatakan...

iya mbak elkis.. dari dulu sebenarnya suka cuma buat sendiri aja.. thanks udah mampir ke sini